Header Ads

test

DINAMIKA KELOMPOK Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD)

DINAMIKA  KELOMPOK

I.     DASAR  PEMIKIRAN
1.   Secara individu, peserta kursus telah memiliki bekal konsep diri dan pengalaman yang berbeda satu dengan lainnya, sehingga ada kecenderungan kurang dapat bekerja sama dalam satu tim.
2.   Kecenderungan umum dari orang dewasa adalah menutup diri utamanya kekurangan mereka, dan lebih menojolkan kelebihan masing-masing.

II.   TUJUAN
        Dinamika kelompok bertujuan membentuk kerja sama dalam kelompok sebagai "team building" dan "team work" yang kompak, agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan lancar.

III.  SASARAN
        Setelah mengikuti kegiatan dinamika kelompok, Peserta mampu :
1.   membangun tim yang kompak dan saling membantu antar anggota yang satu dengan lainnya ;
2.   menciptakan kerja sama yang kompak dan serasi, sehingga kegiatan yang dibebankan pada kelompok dapat diatasi dengan mudah ;
3.   terciptanya persaudaraan antar anggota kelompok, saling mempercayai dan menghormati satu dengan lainnya.
4. terciptanya proses pembentukan mulai dari  forming – storming – norming – performing 

IV.   PELAKSANAAN  DINAMIKA KELOMPOK   
1.   Dinamika  Kelompok dikendalikan oleh  Tim Pelatih.
2.   Tim Pelatih menciptakan kegiatan bersama yang dapat mencairkan kebekuan peserta kursus, dengan permainan (game), nyanyian dan tarian bersama, atau cara perkenalan yang unik.
3.   Dalam suasana kebersamaan dan kegembiraan tersebut, selanjutnya Tim Pelatih secara acak membentuk kelompok-kelompok peserta yang akan merupakan satu tim kerja dalam proses pembelajaran yang berlangsung selama kursus. Setelah kelompok-kelompok terbentuk,  Tim Pelatih membagi diri sebagai pendamping kelompok.
4.   Di dalam kebersamaan tersebut, anggota kelompok saling memperkenalkan diri, saling membuka diri dengan cara menginformasikan kelemahan dan kelebihan masing-nasing, serta hal-hal yang disenangi dan tidak disenangi.
5.   Masing-masing kelompok menetapkan yel kelompok sebagai pertanda adanya kekompakkan dalam kelompok.

V.    WAKTU  : 1 X 45  menit.

1 comment:

  1. mohon mf dan izin, sy kopas materi ini, untuk referensi.trmksh.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.