Header Ads

test

KEMAMPUAN INDERA MANUSIA (KIM) dalam Pramuka

KEMAMPUAN INDERA MANUSIA (KIM) dalam Pramuka
Kim adalah suatu jenis permainan yang ditemukan oleh Baden-Powell yang diambil dari sebuah ceritanya dari buku Scouting For Boys, mengenai seorang anak laki-laki yang pandai bernama Kimball O’Hara, seorang anak sersan dari Resimen Iriandia yang ditempatkan di India. Orang tua Kim(panggilan namanya) meninggal ketika Kim masih sangat kecil. Dan kemudian Kim tinggal bersama salah seorang bibinya.
Diceritakan Kim karena keahliannya menjadi anggota termuda dari pada Dinas Rahasia Inggris di India (pada waktu itu India sedang dijajah Inggris). Selain karena kecerdasannya. Kim juga mempunyai pengetahuan tentang penduduk asli, karena ibunya adalah seorang wanita India.
Lalu Kim belajar kepada Tuan Lurgan seorang pedagang pertama (Kim juga bekerja sambilan padanya). Kim belajar bagaimana cara mengingat dan mengamat-amati hal-hal kecil, yang kemudian bisa jadi suatu hal yang sangat penting yang tidak dapat diperkirakan sebelumnya.
Kim pernah menyelamatkan kawannya yang juga sesame agen rahasia dari kejaran musuh-musuhnya di dalam sebuah kereta api, dengan cara merias kawannya seperti seorang pengemis suci. Begitulah Kim dengan kecerdikannya telah berjasa menyelamatkan nyawa kawannya dari bahaya.
Pengalaman Kim ini bisa dibaca lebih lengkap dari buku cerita terkenal karya Rudyard Kipling (yang juga menulis buku Jungle Book).
Permainan Kim merupakan suatu latihan menggunakan panca indera untuk meningkatkan kecerdasan pemikiran/otak kita. Meningkatkan daya pikir, kecepatan bereaksi atau mengambil keputusan, sekaligus kecepatan daya tangkap. Untuk mencapai hal yang baik, maka hendaknya kita harus sering melatih menggunakan panca indera kita. Sehingga istilah KIM dianalogikan dengan KEMAMPUAN INDERA MANUSIA.
Contoh-contoh permainan Kim
1.    Kim Lihat
·         Melihat beberap benda sesaat, kemudian mencoba mengingatnya kembali.
·         Membedakan warna-warna
·         Mengingat beberap macam benda/barang yang hamper sama, dan sebagainya.
2.    Kim Cium
·         Membaui berbagai macam:
v  Bumbu-bumbu
v  Wewangian, bunga-bunga
v  Buah-buahan
v  Obat-obatan, dan sebagainya
3.    Kim Raba
·         Meraba/memegang berbagai benda dan mencoba mengingat dan menyebutkan apa nama benda yang dipegangnya itu
·         Benda-benda tersebut dapat dimasukkan ke dalam kantong tertutup atau mata kita yang ditutup dengan kain
4.    Kim Rasa
·         Hampir sama dengan Kim cium , hanya lidah yang lebih berperan merasakan manis, asam, pahit. Dari bermacam-macam :
v  buah-buahan
v  bumbu-bumbu, dan sebagainya.
5.    Kim Dengar
·         Mendengarkan berbagai bunyi-bunyian
·         Membedakan suara berbagai alat music.
·         Membedakan beberapa peristiwa/kegiatan dari suara yang didengarnya:
v  suara kayu digergaji.
v  suara pintu terbuka atau tertutup
v  suara orang berjalan.
6.    Kim Kombinasi (campuran)
Gabungan dari beberapa macam Kim di atas.

No comments:

Powered by Blogger.