Tentang Modul KMD (KURSUS PEMBINA PRAMUKA MAHIR TINGKAT DASAR)
PANDUAN TEKNIK PENYAJIAN MODUL
KURSUS PEMBINA PRAMUKA MAHIR TINGKAT
DASAR (KMD)
I.
Pendahuluan
Panduan ini dibuat agar penyelenggaraan kursus dapat
dilakukan dengan memberi pengayaan pada metode penyampaian materi kursus, dan
tidak terbatas pada metode ceramah.
Pada akhir
kursus, diharapkan peserta kursus memiliki wawasan kepramukaan yang lebih luas,
serta keterampilan yang memadai untuk membina gugusdepan.
Panduan teknis penyajian modul Kursus
Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) disusun dalam rangka standarisasi
pola penyajian modul KMD, dengan harapan dapat menjadi panduan dasar bagi
Pelatih Pembina Pramuka. Adapun pengembangan selanjutnya
diserahkan kepada pelatih yang bersangkutan.
II.
Tujuan dan Sasaran KMD
1. Tujuan Kursus Pembina Pramuka Mahir
Tingkat Dasar, disingkat KMD, adalah untuk memberi bekal pengetahuan dasar dan
pengalaman praktis membina Pramuka melalui kepramukaan dalam Satuan Pramuka yakni
Perindukan Siaga, Pasukan Penggalang, Ambalan Penegak dan Racana Pandega.
2. Sasaran
Peserta setelah mengikuti Kursus Pembina Pramuka
Mahir Tingkat Dasar, mampu :
a. Menjelaskan
apa, mengapa, bagaimana, sasaran dan tujuan Kepramukaan serta perkembangannya.
b. Menerapkan
kepramukaan secara efektif dan efisien dalam membina Pramuka sesuai dengan
golongannya.
c. Menjelaskan
apa, mengapa, bagaimana sasaran dan tujuan Prinsip Dasar Kepramukaan, Metode
Kepramukaan, Kode Kehormatan Pramuka, Kiasan Dasar Kepramukaan dan Motto
Kepramukaan serta menerapkannya dalam
membina Pramuka sesuai dengan golongannya.
d.
Mensosialisasikan Prinsip Dasar Kepramukaan, Kode Kehormatan Pramuka
kepada Pramuka sesuai dengan golongannya
sehingga sikap dan perilakunya mencerminkan perwujudan pengamalan Prinsip Dasar
Kepramukaan dan Kode Kehormatan Pramuka.
e. Membina
dan mengembangkan mental, fisik,
intelektual, emosional dan sosial sesuai dengan golongannya sehingga dia mampu
berperan positif dalam masyarakat lingkungannya.
f. Menerapkan
Sistem Among dan menerapkan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Kode Kehormatan Pramuka dalam hidup
bermasyarakat sehingga dirinya menjadi panutan peserta didik dan masyarakat.
g. Menerapkan
kepemimpinan yang dijiwai dan bersumber pada Prinsip Dasar Kepramukaan
dan Kode Kehormatan Pramuka.
h. Mengelola
Program Kegiatan Peserta Didik (Prodik) sesuai dengan golongannya.
i. Menerapkan
ketrampilan komunikasi dan ketrampilan bergaul secara efektif.
j. Menganalisis
dan menghayati sifat dan watak peserta didiknya.
k. Mengelola
satuannya.
l. Membina
dan mengembangkan sumber daya/potensi yang dimilikinya.
m. Memahami, menghayati dan melaksanakan AD & ART Gerakan
Pramuka.
III.
Metode
Materi KMD disajikan dengan pendekatan
andragogi, berfokus pada pembelajaran diri interaktif progresif dengan melibatkan peserta secara langsung
dalam proses pembelajaran dengan menggunakan metode, di antaranya :
1.
Dinamika kelompok
2.
Diskusi kelompok
3.
Curah gagasan
4.
Metta Plan (Country Fair)
5.
Studi kasus
6.
Kerja kelompok
7.
Demonstrasi
8.
Bermain peran
9.
Presentasi
10. Bola salju (snow balling)
11.
Debat
12. Fish Bowl
13. Class students have
14.
Simulasi
15. Base Mathod
16. Berbagai kegiatan praktek (kesiagaan, kepenggalangan, kepenegakan,
kepandegaan, scouting skill, dan permainan).
17. Open Forum
18.
Rencana Tindak lanjut/ RTL (Action
Plan)
IV.
Rencana Pembelajaran
Pendekatan
yang digunakan dalam menyusun rencana pembelajaran adalah andragogi yaitu
strategi pembelajaran yang dilakukan dengan cara “Do-Look-Learn”. Untuk itu diperlukan petunjuk pelaksanaan pembelajaran yang sesuai
dengan materi berupa persiapan pembelajaran oleh pelatih (format terlampir) dan
petunjuk pembelajaran bagi peserta kursus (format terlampir).
Pada akhir pertemuan sesi, pelatih
mengadakan sharring dengan tujuan
mengadakan pembulatan/pencerahan berupa kesimpulan.
V.
Strategi pembelajaran
1.
Strategi pembelajaran dilaksanakan dengan tata urut sebagai berikut:
a.
Pelatih menciptakan suasana belajar sesuai dengan topik sajian yang
ada.
b.
Peserta memahami petunjuk pembelajaran yang diberikan.
c.
Proses pembelajaran dilakukan sesuai dengan petunjuk pembelajaran.
d.
Peserta memperoleh temuan-temuan dari proses pembelajaran tersebut.
e.
Sharring atas temuan-temuan yang ada.
f.
Pembulatan/pencerahan/kesimpulan.
2.
Pembagian waktu penyajian pada setiap Pokok Bahasan:
a.
Pengantar dan penjelasan materi untuk pemahaman konsep (ceramah) :
20 %;
b.
Kegiatan praktek/simulasi/demonstrasi/ kerja kelompok atau mandiri : 70 %;
c.
Pembulatan/pencerahan/kesimpulan : 10%;
d.
Satu jam pelajaran = 45 menit
3.
Dalam KMD kepada peserta dikenalkan praktek kegiatan Kesiagaan,
Kepenggalangan, Kepenegakan dan Kepandegaan.
4.
KMD dilaksanakan di dalam ruangan 1/3 alokasi
waktu dan 2/3 waktu diselenggarakan di alam terbuka dalam bentuk perkemahan,
atau 2,5 hari di kelas – 4,5 hari di perkemahan.
VI.
Pendukung Proses Belajar Mengajar
dengan pendekatan Andragogi
1.
Sarana Prasarana:
a)
Lokasi kursus yang nyaman, terhindar dari gangguan, kegaduhan
dan polusi udara
b)
Ruang belajar yang bersih, sehat, terang dan sepadan dengan kapasitas.
c)
Alat bantu pembelajaran yang memadai kuantitas dan kualitas.
d)
Alunan musik yang dapat membangkitkan semangat belajar
e)
Tersedianya alam terbuka untuk kegiatan outdoor.
2.
Tim pelatih dan pelatih pendamping kelompok berada di tempat
kegiatan selama kursus berlangsung.
3.
Bahan serahan.
VII.
Rencana Tindak Lanjut
1.
Rencana Tindak Lanjut (RTL) disusun oleh peserta pada tahapan terakhir
pelaksanaan kursus sebagai motivator pada diri mereka sendiri untuk melakukan
kegiatan tindak lanjut setelah
mengikuti pelatihan.
2.
RTL juga berfungsi sebagai pendorong peserta pelatihan untuk mengikuti
program masa pengembangan/narakarya 1 oleh kwartir, yang akan menjadi
persyaratan untuk mengikuti pelatihan berikutnya (Kursus Pembina Pramuka Mahir
Tingkat Lanjutan/KML).
VIII. Penutup
Dengan disusunnya panduan ini
diharapkan Pelatih dapat memiliki pola penyajian modul KMD dan mengembangkannya
sesuai dengan kebutuhan.
Kurikulum
KMD disusun sebagai berikut :
a. BABAK
PENGANTAR
Modul 1
PENGANTAR ............................................................................
1.1. Upacara Pembukaan Kursus
..........................................................
1.2. Orientasi Kursus ...........................................................................
1.3. Dinamika kelompok ..........................................................................
1.4. Pengembangan Sasaran Kursus
......................................................
|
5 Jampel
1 jampel
2 jampel
1 jampel
1 jampel
|
b. BABAK INTI
Modul 2 :
KEPRAMUKAAN, PRINSIP DASAR&METODE...........................
2.1. Penghayatan
AD & ART Gerakan
Pramuka....................................
2.2. Sejarah
Kepramukaan...................................................................
2.3. Kepramukaan
.............................................................................
2.4. Pendidikan
dalam Kepramukaan .................................................
2.5. Prinsip
Dasar Kepramukaan
........................................................
2.6. Metode
Kepramukaan
................................................................
2.7. Kode
Kehoramatan Pramuka
......................................................
2. 8. Motto
& Kiasan Dasar Gerakan Pramuka ......................................
2.9. Kiasan
Dasar dalam Kepramukaan
...............................................
|
12 jampel
2 jampel
1 jampel
1 jampel
1 jampel
2 jampel
2 jampel
1 jampel
1 jampel
1 jampel
|
Modul 3 : PROGRAM KEGIATAN PESERTA DIDIK (PRODIK)
3.1. Kesiagaan
................................................................................... ...
3.2. Kepenggalangan
......................................................................... ...
3.3. Kepenegakan
............................................................................. ...
3.4. Kepandegaan
........................................................................... ...
3.5 Program
Kegiatan Peserta Didik (PRODIK)................................... ...
3.6. Dewan
Satuan Pramuka
.................................................................
3.7. Forum
S,G,T,D,
.............................................................................
3.8. Memahami
Peserta Didik dan Kebutuhannya.................................
3.9. Menciptakan
Kegiatan yang Menarik, Menantang dan Mengandung Pendidikan ..............................................................
|
13 jampel
2 jampel
2 jampel
2 jampel
2 jampel
1 jampel
1 jampel
1 jampel
1 jampel
1 jampel
|
Modul 4 : CARA MEMBINA.....................................................................
4.1. Membina
Pramuka dengan Sistem Among......................................
4 2. Komunikasi
dan Bergaul dengan Peserta didik
...............................
4.3. Mengelola
Satuan Pramuka ............................................................
4.4. Peran,
Tugas dan Tanggung jawab Pembina Pramuka ..................
4.5. Jam
Pimpinan ...................................................................................
|
7 jampel
1 jampel
1 jampel
1 jampel
1 jampel
3 jampel
|
Modul 5 : ORGANISASI...........................................................................
5.1. Struktur
Organisasi Gerakan Pramuka ...........................................
5.2. Majelis
Pembimbing Gerakan Pramuka .........................................
5.3. Organisasi
dan Administrasi Gugus Depan Pramuka
.......................
5.4. Satuan Karya Pramuka (
SAKA)......................................................
|
4 jampel
1 jampel
1 jampel
1 jampel
1 jampel
|
Modul 6 :
KEGIATAN SEBAGAI ALAT PENDIDIKAN .................................
6.1. SKU/TKU,
SKK/TKK, SPG/TPG .........................................................
6.2. Upacara
sebagai Alat Pendidikan .............. .....................................
6.3. Permainan
sebagai alat pendidikan ...............................................
6.4 Pelantikan
sebagai Alat Pendidikan .......... ....................................
6.5 Api
Unggun sebagai Alat Pendidikan .............................................
|
5 jampel
1 jampel
1 jampel
1 jampel
1 jampel
1 jampel
|
Modul 7 :
KEGIATAN DI ALAM TERBUKA (OUTDOOR
ACTIVITY)...............
7.1. Teori dan
pendirian tenda .......................... ....................................
7.2. Keterampilan Kepramukaan Siaga ....................................................
7.3. Keterampilan
Kepramukaan Penggalang .........................................
7.4. Keterampilan Kepramukaan Penegak &
Pandega .............................
7.5. Penjelajahan...................................................................................
|
34
jampel
2 jampel
8 jampel
8 jampel
8 Jampel
8 jampel
|
Modul 8 :
KEWIRAUSAHAAN ..................................................................
8.1. Pengembangan
Kewiraan ................................................................
8.2. Pengembangan
Kewirausahaan .....................................................
|
2 jampel
1 jampel
1 jampel
|
c. BABAK PELENGKAP
Modul 9 :
PELENGKAP ........................................... .....................................
9.1. Lambang
Gerakan Pramuka dan WOSM
...................... ....................
9.2. Pakaian Seragam, Tanda Pengenal, Tanda Jabatan dan Tanda Penghargaan
Pramuka
..........................................................................
9.3. UU No. 24
Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, Lambang Negara dan
Lagu Kebangsaan .........................................................................
9.4. Muatan
Lokal ............................................... ……………………………………
|
8 Jampel
1 Jampel
1 Jampel
1 Jampel
5 Jampel
|
d. BABAK PENUTUP
Modul
10 : PENUTUP .......................................................................
10.1. Forum Terbuka
............................................ .........................
10.2. Rencana Tindak Lanjut (RTL)
........................ .........................
10.3. Evaluasi .................................................................................
10.4. Upacara Penutupan Kursus ......................... .........................
|
5 jampel
2 jampel
1 jampel
1 jampel
1 jampel
|
Jumlah
........................................................................
|
95 Jampel
|
Blog keren,, ditambah lagu penganatar yang kerennn :) :)
ReplyDelete