Header Ads

test

KEGIATAN 2016/2017

KEGIATAN 2016/2017



  • SOESIC

SOESIC (Scout Of Elementary School Intelligent Competition) adalah Lomba Penggalang SD se-Kota Semarang. SOESIC diadakan dalam rangka memperingati bulan pendidikan di Fakultas Ilmu Pendidikan yang mana tahun 2016 ini diselenggarakan pada hari Minggu, 22 Mei 2016 yang diikuti 9 pangkalan sekota madya semarang. Di Soesic ini banyak yang dilombakan antara lain ialah Lomba LCC, Hasta Karya, PBB, Senam, Macapat, dan Pionering. Dan pada Soesic 2016 ini juara umum dipegang oleh SD N 03 Ngaliyan.

  •  UPGRADING

Upgrading merupakan kegiatan Subguguslatih 1 PGSD Ngaliyan UNNES yang bertujuan untuk mengakrabkan sesama anggota pramuka saling berbagi ide dan pengalaman yang berkenaan dengan kepramukaan, untuk kegiatan yang dilakukan didalamnya yaitu :


  • SSE


SSE merupakan singkatan dari SGL 1 Special Editons yang merupakan kegiatan dibulan Ramadhan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengarabkan anggota keluarga pramuka Subguguslatih 1 PGSD Ngaliyan Unnes dan wujud saling berbagi  kepada anggota masyarakat. Kegiatannya diantaranya yaitu:



  • Latrut (Latihan Rutin)



  • PKP



  • ANJANGSANA



  • 4S

(Silaturahmi, Senyum, Salam, Sapa)
           
4S adalah suatu kegiatan yang menjalin silahturahim terhadap guguslatih dan subguguslatih yang ada di Pramuka Wijaya UNNES. Suatu kegiatan untuk mengajarkan saling mengenal lebih dekat dan mengakrabkan diri sebagai keluarga Pramuka Wijaya. Tema kegiatan ini 4S tahun ini adalah adalah “Bersatu Padu Menyongsong Hari Baru” dan  Motto “Satyaku ku Dharmakan, Dharmaku ku Bhaktikan” ini dilaksanakan hari Kamis, tanggal 2 Desember 2016, waktu            pukul 17.00 – Selesai dan bertempat di Auditorium PGSD FIP UNNES Ngaliyan. Kegiatan 4S ini dimulai dengan pembukaan dan membaca Surat Yasin Bersama dan sebagai acara intinya ialah Pensi dan Permaianan dari panitia dan peserta kemudian dilanjut dengan foto bersama.
Berikut adalah sesi-sesi kegiatan 4S:
  • KMD

Kursus Pembina Pramuka Mahir tingkat Dasar (KMD) bagi mahasiswa PGSD FIP Universitas Negeri Semarang tahun 2017. Dilaksanakan Hari/tanggal :  Temu Teknik dan Upacara Pembukaan : Senin, 16 Januari 2017. Pelaksanaan :
- Gelombang I                            : Selasa-Jum'at, 17 - 20 Januari 2017
- Gelombang II                          : Sabtu-Selasa, 21-24 Januari 2017
Perkemahan Gelombang I dan II       : Rabu-Kamis, 25-26 Januari 2017
Pukul             : 07.00 wib - selesai
bertempat di Kampus PGSD-FIP Universitas Negeri Semarang, Jl. Beringin Raya No. 15 Wonosari Ngaliyan Semarang 50186

Peserta KMD berjumlah 340 orang, yang terdiri atas 280 orang peserta putri dan 60 orang peserta putra. Mereka adalah mahasiswa PGSD-FIP Universitas Negeri Semarang.

Pimpinan Kursus adalah Kakak Agus Ngaderiyanto, S.Pd. Yang bersangkutan adalah Pelatih di lingkungan Pusdiklatcab Cakrabaswara Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Semarang.

  • KBM

Pramuka Subgugus Latih 1 PGSD FIP UNNES telah melaksanakan Kemah Bakti Masyarakat (KBM) 2017. Kemah Bakti Masyarakat tersebut dilaksanakan pada tanggal 8 dan 9 April 2017 di Lapangan Kelurahan Karang Malang, Mijen.
Kemah tersebut diikuti oleh seluruh mahasiswa PGSD angkatan 2016. Sesampai di desa Karang malang, mijen warga desa tersebut menyambut dengan senang hati. Kegiatan kemah tersebut turut mengikutsertakan mahasiswa dan warga desa karang malang.
Banyak kegiatan yang dilakukan pada saat Kemah Bakti Masyarakat seperti adanya pembuatan opak, pembuatan bunga, penanaman cabai dan pohon berkayu, bakti sosial, dan jalan-jalan keliling desa.
Kegiatan Kemah tersebut juga didampingi oleh Ketua Jurusan PGSD yaitu Bapak Isa Anshori beserta Pembina Pramuka PGSD Ngaliyan. Selain kegiatan baksos dan lain-lain, dari pihak pramuka sub guguslatih 1 PGSD juga mengadakan perlombaan untuk peserta KBM seperti futsal dan tadik tambang agar peserta tersebut tidak bosan dan agar peserta bisa menikmati selama kegiatan KBM. 







No comments:

Powered by Blogger.