Header Ads

test

LATTER (Latihan Terpadu) 2017



LATTER
(Latihan Terpadu)



Latter (Latihan Terpadu) merupakan suatu kegiatan yang dilaksanakan oleh Sub Guguslatih 1 PGSD Unnes untuk menambah pengetahuan dan keterampilan tentang kegiatan pramuka serta pengalaman bagi setiap peserta serta sebagai bekal untuk mengajar pramuka di sekolah dasar.        

Latter dilaksakan selama dua hari, yaitu pada tanggal 7-8 Oktober 2017. Hari pertama Latter diawali dengan upacara pembukaan, kemudian pemberian materi. Peserta Latter di bagi menjadi dua ruang, sehingga materi yang di berikan oleh pemateri dapat tersampaikan dengan efektif. Materi yang diberikan pada hari pertama adalah sejarah, PP gerakan pramuka, PBB, tali temali, pionering dan damkar. Peserta sangat antusias mengikuti Latter pada hari pertama. Selain mendapatkan materi, peserta juga melaksanakan praktek, sehingga mereka bisa langsung mengimplementasikan materi yang telah di dapatkan. Saat materi PBB, peserta diajak ke lapangan untuk melakukan praktek secara langsung. Selain itu mereka juga diajarkan secara langsung bagaimana membuat pioneering kaki tiga dan bagaimana memadamkan api.






 
Di hari kedua Latter dilanjutkan dengan materi kompas dan menaksir, survival, morse dan sandi, semaphore dan hasta karya. Di hari kedua ini, peserta juga melakukan praktek menaksir tinggi suatu benda, membuat bivak, dan juga membuat hasta karya dari barang bekas di sekitar lingkungan.




Kegiatan Latter di tutup dengan upacara penutupan dan pengumuman-pengumuman juara. Hasil karya peserta, seperti pioneering, pembuatan bivak, dan hasta karya diapresiasi oleh panitia dengan pemberian hadiah. Selain itu juga ada penyerahan hadiah kepada peserta teraktif, hal tersebut dimaksudkan agar peserta dapat termotivasi dan lebih baik lagi kedepannya.

Kegiatan Latter berjalan dengan lancar dan disambut positif oleh peserta, semoga dengan mengikuti kegiatan Latter peserta mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan pengalaman yang baru.

No comments:

Powered by Blogger.