MENCIPTAKAN KEGIATAN YANG MENARIK, MENANTANG, DAN MENGANDUNG PENDIDIKAN
MENCIPTAKAN KEGIATAN YANG MENARIK,
MENANTANG, DAN MENGANDUNG PENDIDIKAN
I. PENDAHULUAN
1. Pendidikan
dalam Gerakan Pramuka adalah proses pendidikan sepanjang hayat yang
berkesinambungan dengan sasaran menjadikan manusia bertaqwa, berbudi pekerti
luhur, mandiri, memiliki kepedulian tinggi terhadap nusa bangsa, masyarakat dan
lingkungannya, alam seisinya, bertanggung jawab serta berpegang taguh pada
nilai dan norma masyarakat.
2. Pada hakekatnya, peserta didik di dalam kepramukaan, lebih banyak diperankan sebagai subjek daripada objek
pendidikan. Dengan demikian, peserta didik
sendirilah yang berperan aktif dalam proses kegiatan sehingga dapat
dikatakan yang menjadi pendidik dalam kepramukaan adalah peserta didik
sendiri. Pembina
Pramuka lebih berperan sebagai pembimbing, pendamping dan fasilitator, senantiasa memberikan motivasi dan stimulasi
(rangsangan) terhadap konsep kegiatan dan melengkapinya
dengan metode yang paling tepat bagi kegiatan tersebut. Dalam proses pelaksanaan kegiatan, peserta
didik sendiri yang berperan aktif sepenuhnya.
3. Agar peserta didik terlibat secara penuh dalam kegiatan,
Pembina melibatkan mereka dalam perencanaan dan persiapan kegiatan.
II. MATERI POKOK
1. Belajar
Sambil Melakukan (Learning by doing),
merupakan salah satu metode kepramukaan yang
mendominasi pada hampir semua kegiatan kepramukaan.
Sasaran
yang ingin dicapai dengan penggunaan metode ini ialah peserta didik merasakan
bagaimana menyusun acara kegiatan, bagaimana melaksanakan suatu kegiatan,
proses apa saja yang harus dilakukan bila terjadi hambatan dan upaya apa yang
dapat mengatasinya, serta apa yang mereka rasakan bila mana kegiatan yang
dilakukan berhasil dengan baik.
2. Kegiatan yang dianggap menarik dan penuh tantangan bagi
peserta didik adalah kegiatan yang:
a. baru
dikenal dan merupakan produk inovasi ;
b. dapat
mengembangkan kreatifitas ;
c. dapat
mengembangkan berbagai keterampilan
d. bermanfaat
bagi peserta didik dan masyarakat
3. Kegiatan yang menarik, penuh tantangan dan mengandung nilai pendidikan dapat :
Menumbuhkan kebanggaan bila dapat diselesaikan dengan baik dan
sukses.
Menumbuhkan kreatifitas, menemukan cara dan metode baru dalam
pemecahan masalah untuk menjawab tantangan
Menumbuhkan rasa percaya diri,
keteguhan hati, keuletan dalam usaha, pengetahuan dan pengalaman yang sangat
mengesankan
a. Kaum
muda pada umumnya akan tertarik pada hal - hal yang menantang, mereka mempunyai
kebanggaan tersendiri bila dapat menyelesaikannya dengan baik dan sukses.
b. Dalam
proses pelaksanaan suatu kegiatan yang menantang mereka mencurahkan segala
uapaya, dan dengan mencari-cari teknik yang tepat untuk dapat mencapai
keberhasilan atas kegiatan tersebut.
c. Dengan
berhasilnya melaksanakan kegiatan yang menantang, peserta didik mendapatkan
pengembangan kreativitas,. Kegiatan yang
dapat mengembangkan aspek -aspek mental maupun pisik sebagaimana tersebut di
atas, mengidentifikasikan bahwa kegiatan tersebut adalah kegiatan yang
mengandung pendidikan.
d. Hal
- hal apa yang menarik dan menantang bagi peserta didik tergantung pada tingkat
perkembangan jiwa dan usia peserta didik yang bersangkutan.
4. Cara
menyusun kegiatan yang menarik, menantang bagi peserta didik tergantung pada
tingkat perkembangan jiwa dan usia peserta didik yang bersangkutan.
a. Pembina
melibatkan peserta didik/Dewan Satuan dalam menghimpun macam-macam kegiatan
yang diiginkan oleh para peserta didik.
b. Beserta
peserta didik Pembina mengelompokkan macam - macam kegiatan tersebut menjadi
kelompok-kelompok kegiatan yang sejenis.
c. Peserta
didik dengan didampingi/dibimbing Pembina menyusun program kegiatan dengan
memperhatikan :
1) skala
prioritas
2) Penyesuaian
dengan waktu dan tempat
3) pelaksanaan
program kegiatan diselaraskan dengan
kegiatan
masyarakat
yang ada pada saat itu.
d. Ketika
program yang sudah ditetapkan tersebut akan dilaksanakan, Pembina mengajak para
Pemimpin Barung/Regu/Sangga, untuk berlatih bagaimana melaksanakan kegiatan
yang akan datang. Pada saat Pembina
menggladi para Pemimpin tersebut, Pembina memilihkan/menentukan metode yang
tepat dan bagaimana cara melaksanakan dalam praktek yang praktis sehingga pada
saat melaksanakan kegiatan bersama rekan-rekannya, mereka dapat memberi
petunjuk tentang bagaimana melaksanakan kegiatan yang dihadapinya.
III. PENUTUP
1. Kegiatan
yang menarik dan menantang adalah kegiatan yang di mata kaum muda sangat
diminati, secara naluriah mereka kurang/tidak tertarik pada hal-hal yang
mononton(itu-itu saja) yang tidak memberikan tantangan pada mereka, karena masa
remaja adalah masa serba ingin tahu, masa ingin mencoba-coba, masa dimana
mereka ingin merasakan sendiri atas sesuatu yang menantang itu.
2. Pembina
Pramuka harus dapat memberikan kegiatan
yang menantang selaras dengan perkembangan jiwa peserta didik, di samping itu Pembina
hendaknya mempertimbangkan keselamatan (safety) pada pelaksanaan kegiatan
tersebut.
3. Kegiatan
yang menarik, menantang dengan melibatkan langsung para peserta didik dalam
menyusun program kegiatan dan pelaksanaanya, akan membekali mereka untuk hidup
aktif, kreatif, ulet, tahan uji, percaya diri, bertanggung jawab, mandiri dan
memiliki keterampilan kepemimpinan, manajerial, bergaul, pisik, dan
keterampilan bermasyarakat,
KEPUSTAKAAN
1. Bean, Reynold, Ed.M. Cara Mengembangkan
Kreativitas Anak, Binarupa Aksara. Jakarta , 1995.
2. Atmasulistya, Endy R, Drs. H, dkk. Panduan
Praktis Membina Pramuka. Kwarda DKI Jakarta ,
2000.
3. Wahyuni,
Wisnu Singgih, dokter, Menggali Potensi Diri Guna Menyongsong Masa Depan, Malang , 1996
.
No comments: