Header Ads

test

Pelaksanaan Pesta Siaga Kwartir Ranting Ngaliyan 2014

NGALIYAN- “Disini senang disana senang, dimana-mana hatiku senang…”
demikian diantara sedikit penggalan bait lagu yang dinyanyikan oleh sebagian anak-anak siaga pada acara pesta siaga tingkat kwaran Ngaliyan tahun 2014. Mereka yang berdatangan sebagai peserta merupakan anggota siaga utusan dari masing-masing SD/MI se-kecamatan Ngaliyan.
Tepatnya pagi Minggu tanggal 2 Maret 2014 di SD N 1 Ngaliyan. Mereka nampak bersemangat dan antusias. Dalam suasana atau musim yang tidak menentu ini terus terang kami harap – harap cemas, mudah – mudahan hari ini tidak turun hujan sehingga kegiatanpun dapat berjalan dengan lancar tanpa ada suatu halangan apapun, walaupun panitia kegiatan pesta siaga telah menyiapkan tempat evakuasi pelaksanaan kegiatan pesta siaga, diantaranya ruang kelas SD”     
( tutur salah seorang pembina yang sempat ditemui ).
Terdaftar di sekretariatan panitia  bahwa Kegiatan Pesta Siaga kali ini diikuti oleh Anggota Siaga putra dan putri dari seluruh wakil gudep SD/MI se-kecamatan Ngaliyan. Sebelum acara ini dimulai, para peserta langsung melaksanakan daftar ulang, tercatat hadir 64 barung perwakilan dari pangkalan SD/MI se-kecamatan Ngaliyan Kabupaten Semarang, yang terdiri dari 31 barung putra dan 33 barung putri. Masing – masing Gugus Depan mengirimkan satu barung putra dan satu barung putri yang setiap barungnya terdiri dari 8 anggota, tetapi ada juga Gugus Depan yang hanya mengirimkan 1 barung karena kurangnya jumlah siswa. Contohnya SD Siti Solechan yang hanya mengirimkan 1 barung putri saja. Panitia juga langsung mendata anggota barung yang disetorkan ke sekretariat oleh masing – masing pembina pendamping dari masing – masing Gudep, sehingga dapat dilaporkan oleh panitia bahwa jumlah peserta semuanya tercatat 248 peserta siaga putra dan 264 peserta siaga putri.
Kegiatan ini dibuka tepat pada pukul 08.00 WIB pada saat upacara pembukaan yang dihadiri oleh kepala UPTD, pengawas TK/SD Kecamatan Ngaliyan, para kepala sekolah dan pejabat terkait terdekat. Kegiatan pesta siaga ini bertujuan untuk mencari bibit-bibit muda yang mampu mewakili Kwartir Ranting Ngaliyan dengan sistem kompetisi yang baik dan sehat untuk maju dan mengikuti kegiatan pesta siaga tingkat Kwarcab Semarang. Tidak hanya itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mendidik dan membentuk siswa – siswi yang beriman, bertaqwa, teguh, berintegritas tinggi, mandiri, Sportif, peduli dan bertanggung jawab, serta meningkatkan wawasan kebangsaan dan mempererat rasa persaudaraan, begitu diungkapkan oleh Kamabiran dalam upacara pembukaan kegiatan ini.
Kemudian setelah Upacara selesai para peserta beristirahat sejenak sambil mempersiapkan segala sesuatunya. Tak lupa juga dengan Panitia, selama kurang lebih 10 menit melaksanakan breaving dengan dewan juri yang terdiri dari penegak/pandega di lingkungan Ngaliyan seperti dari  RACANA WIJAYA SGL-1 PGSD UNNES serta racana lain seperti RACANA WALISONGO IAIN WALISONGO SEMARANG  dan dipimpin langsung oleh koordinator pelaksana yang didampingi oleh Kwaran Ngaliyan. Dari kelimabelas warung semuanya hadir dalam rapat tersebut. Hadir disitu juga beberapa juri dari luar seperti pelatih paskibra dan pelatih tari. Setelah selesai, Para juripun langsung menuju menempatkan diri di warung masing-masing dan melaksanakan tugasnya seperti yang sudah dijadwalkan oleh panitia pelaksana Kegiatan Pesta Siaga 2014 Ngaliyan Kabupaten Semarang.
Panitia yang dibantu oleh para juri dan Dewan kerja Ranting ( DKR ) Ngaliyan mulai melaksanakan kegiatan sesuai tugasnya masing – masing. Mereka nampak sibuk hingga kegiatan usai. Ketua panitia mendampingi Ka. Kwaran berkeliling mengontrol jalanya kegiatan. Tak ketinggalan, Bapak Kepala UPTD selaku Mabiran juga berkenan mengawasi jalannya kegiatan tersebut. Nampak juga di sekretariat, tim perekap nilai melakukan kegiatannya secara live di layar LCD.
Tepat pukul 14.00 seluruh kegiatanpun dapat berjalan dengan lancar. Para peserta nampak ceria  berkumpul di lapangan karena ada pembagian doorprize, namun sebagian ada juga yang berkumpul didepan sekretariat menyaksikan layar monitor yang menampilkan nilai – nilai dari masing – masing warung. mereka nampak bertanya – tanya, siapakah yang nanti menjadi Juara dan mewakili Kwartir Ranting Ngaliyan untuk mengikuti kegiatan Pesta Siaga tingkat Kwarcab Kota Semarang tahun 2014.
Setelah semuanya selesai, sambil beristirahat seluruh jajaran panitia dan dewan juri juga berkumpul membahas dan merefiew jalanya kegiatan sambil menunggu hasil akhir rekapitulasi nilai. Hasil akhir dari kegiatanpun dituangkan dalam kegiatan upacara penutupan, yaitu Juara umum Pi dari SD N Ngaliyan 1 dan Juara umum Pa dari SD N Ngaliyan 3. Bibit-bibit muda pilihan inilah yang akan mewakili Kwartir Ranting Ngaliyan untuk mengikuti kegiatan pesta siaga tingkat Kwarcab Semarang tahun 2014. Dan tepat pukul 15.30 upacara penutupan dilaksanakan.
Begitu semangatnya para peserta serta seluruh dewan pembina beserta jajaran panitia pelaksana kegiatan ini dengan harapan kegiatan ini bisa meningkatkan Gerakan Pramuka kwartir ranting Ngaliyan Kabupaten Semarang. Dan besar harapan pula akan menghasilkan bibit-bibit yang berkualitas bagi gerakan pramuka di kecamatan Ngaliyan khususnya di tingkat Siaga. Amin..

Satyaku Ku Darmakan, Darmaku Ku Baktikan
Salam Pramuka !










No comments:

Powered by Blogger.