Header Ads

test

Bakti Pramuka Untuk Negeri

Hidup di pedesaan, berbaur dengan masyarakat dapat ikut  serta dalam setiap kegiatan itulah yang akan kita rasakan saat kita mengikuti KPBM.
Apa itu KPBM?
KPBM (Kemah Pramuka Bakti Masyarakat) merupakan salah satu program Racana Wijaya yang dalam penyelenggaraannya diikuti oleh delegasi dari guguslatih dan subguguslatih. Termasuk Subguguslatih 1 PGSD UNNES ikut berpartisipasi dalam kegiatan KPBM ini.
Dalam acara ini, banyak sekali kegiatan yang berhubungan langsung dengan masyarakat, antara lain berupa kegiatan bakti fisik. KPBM berlangsung selama 3 hari di desa Persen Sekaran Gunungpati. Kegiatan ini dimulai pada hari Jum’at, 17 Oktober 2014 sampai dengan hari Minggu, 19 Oktober 2014. Hari pertama diisi dengan serangkaian acara upacara pembukaan yang berlangsung tertib, persiapan pemberangkatan, perjalanan menuju Desa Persen, bakti lingkungan, hingga kembali lagi ke sanggar Racana Wijaya pada sore harinya.
Dari seluruh rangkaian yang ada, Hari kedua adalah hari yang cukup padat dan sama rasa bagi peserta, karena selain meningkatkan kemandirian gerakan pramuka, juga sebagai bakti nyata untuk masyarakat dimana setelah peserta mendirikan tenda, kemudian dari panitia dan juga peserta ikut membantu masyarakat dalam membersihkan lingkungan di sekitar, membersihkan masjid setempat, dan membersihkan selokan yang tersumbat. Setelah acara bersih-bersih, pada siang harinya dilanjutkan dengan ishoma, makan bersama dalam suasana kekeluargaan, kemudian dilanjutkan kembali dengan serangkaian acara yang tak kalah menarik, yang terdiri dari pembuatan taman baca untuk peserta putra, sedangkan untuk peserta putri bertugas membantu menyampuli buku-buku bacaan yang nantinya untuk mengisi taman baca yang telah dibuat. Dalam kegiatan ini ada beberapa pihak yang juga ikut mensuport, diantaranya ada ketua RT, karangtaruna desa persen, dan juga ada kak Sigit Pandu selaku Ka DRW.
Waktu menunjukkan pukul 15.30 dan semua bergegas untuk berkumpul karena akan dilanjutkan dengan serangkaian acara yang menyenangkan, yaitu Permainan tradisional seperti bentengan dan gobak sodor dengan tujuan agar peserta dapat mengenal permainan tradisional yang ada di sekitar, dan melatih kekompakan antar kelompok yang telah dibentuk. Setelah lelah dengan permainan treadisional, dilanjutkan dengan pemanenan ikan lele di kolam yang telah disediakan, disitulah wujud kebersamaan yang dapat dilihat ketika harus bersama-sama menangkap ikan lele yang selalu saja lepas dari genggaman karena badannya yang licin. Saat pramuka putri bermain, para  peserta putra membantu warga dalam membuat pembatas jalan dan selokan.
Malam harinya dilanjutkan dengan pensi. Pensi dalam kegiatan KPBM ini layaknya konser, karena letak panggung yang berada tepat di tengah-tengah lapangan, sehingga secara tidak langsung semua warga akan melihat. Dari SGL 1 yang berkolaborasi dengan GL 5 menampilkan sebuah drama musikal yang cukup membuat gelak tawa para penonton. Bukan hanya warga desa saja yang meramaikan suasana malam itu, namun juga  tawa anak-anak kecil yang juga ikut bergabung dalam acara tersebut. Malam puncak setelah pensi, ditutup dengan goyang gemufamire bersama panitia, peserta dan juga seluruh warga desa yang datang di lapangan.
Hari ketiga diisi dengan  kegiatan ringan, diantaranya ada senam, sarapan pagi, pengolahan ikan lele yang telah dipanen dikemas dalam bentuk demo masak bersama warga yang mayoritas ibu-ibu desa tersebut, ada juga lomba permainan tradisional dimana anak-anak sangat antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut. KSR UNIT UNNES pusat pun ikut berpartisipasi dengan mengadakan posko kesehatan untuk warga yang ingin mengetahui golongan darah dan tensinya. Setelah semua rangkaian acara dilaksanakan, peserta kembali ke buper dan mulai packing untuk persiapan pulang. Namun sebelumnya bersama-sama peserta  membongkar tenda dan membersihkan buper, dilanjutkan dengan upacara penutupan yang berlangsung dengan tertib.
Ikhlas Bakti Bina Bangsa Berbudi Bawa Laksana
Satyaku Ku Darmakan, Darmaku Ku Baktikan

SGL 1 PGSD UNNES 

 Infokom berkarya.
red (NNP & MNN)

dok (MC)

4 comments:

Powered by Blogger.