Header Ads

test

Ceritaku di Raimuna Cabang Kota Semarang

Salam pramuka, sudahkah kalian tahu apa itu raimuna? Raimuna adalah pertemuan pramuka penegak dan pramuka pandega dalam bentuk perkemahan besar yang di Indonesia di selenggarakan mulai dari kwartir ranting hingga kwartir nasional.
Sedikit cerita ya teman-teman ini kali pertama aku menjadi sangga kerja Raimuna. Tak pernah terbayangkan kalau aku menjadi sangga kerja di raimuna ke 4 kota semarang. Sempat merasa agak terganggu, sejak ditunjuk untuk mewakili SGL 1 PGSD UNNES disana, sampai h-seminggu kegiatan raimuna. Semakin hari tugas kuliah semakin banyak, ditambah masih harus mengurusi persiapan buat raimuna. Rasanya luuuuaaaaarrrr biiiiaaaasssssaaaa. Tapi semuanya bisa terlewati sampai tiba hari H Raimuna tanggal 22-27 Juni 2014 di desa wisata Sodong.
Untuk beberapa waktu aku sedikit canggung saat bertemu banyak orang yang baru aku kenal dan wajah baru, bahkan banyak diantara panitia masih belum mengenal satu sama lain. Tapi secepat mungkin kami harus menyesuaikan diri dan itu pun berhasil, dengan mudah dan cepat aku segera berbaur dan berkerjasama dalam beberapa kegiatan. Mereka benar-benar luar biasa tidak hanya di PGSD, diRaimuna ini juga banyak orang yang super dan luar biasa. Jadi aku juga harus bisa seperti mereka. Menjadi pribadi yang tangguh dan luar biasa.
Diraimuna aku hanya 4 hari saja. Ini dikarenakan ada kegiatan upgrading yang harus aku ikuti. Dan melewatkan malam puncak yaitu malam hanung. Tapi tak apa diupgrading juga banyak yang mungkin lebih luar biasa, karena semua ada hikmahnya.
Kembali ke raimuna, disana aku dipercaya menjadi penanggung jawab beberapa kegiatan antara lain pembuatan tanaman toga, penyuluhan kegiatan gigi dan mulut, serta lomba K3 dan lomba memasak dan masih banyak lagi. Dan itu menambah banyak sekali pengalaman baru. Mulai dari bagaimana kita bisa gerak cepat dan tepat, dituntut untuk tidak melakukan kesalahan dan Stop mengeluh serta bagaimana kita bisa memanfaatkan waktu dengan baik.
Selain kegiatan yang aku sebutkan diatas, juga banyak kegiatan yang lain yaitu resik-resik petilasan dan kirab budaya, MOP, bersih desa, pembuatan tempat sampah, pentas budaya, malam hannung dan masih banyak juga. Pada raimuna kali ini menggunakan system homestay yaitu peserta menginap dirumah warga, hal ini mempunyai tujuan supaya pramuka bisa menyatu dan berbaur dengan masyarakat dan kita bisa ikut membangun masyarakat.
Ada kegiatan lomba dan itu mempunyai nama sendiri yaitu GWSHM III (Gladi Widya Satya Hannung Mahardika) ke III. Lombanya terdiri dari lomba pentas budaya, LKTI, memasak, K3, LCT dan jelajah desa sodong(tracking)/scouting skill. Kegiatannya menarik-menarik dan sangat bagus.
Itulah cerita singkatku diraimuna ke 4 dan GWSHM III kota semarang. Terimakasih sebesar-besarnya kepada Allah Swt yang selalu melindungi dan menjaga ku dimanapun ku berada. Terimakasih kepada SGL 1 PGSD yang sudah memberikan kesempatan untuk bisa berpartisipasi di Raimuna  ke 4 di tahun 2014 ini. Terimakasih juga kepada semua pihak yang sudah membantu, teman-teman dan sahabatku.
Salam pramuka

 @red(Bagas Basofi Budi A.)
 doc: Foto Kak Gunawan Surendro

No comments:

Powered by Blogger.