Header Ads

test

Berita : Dongrak Rasa Percaya Diri, Pramuka Disabilitas Berkemah di Tengah Kota

Ratusan pramuka disabilitas melakukan senam semaphore saat pembukaan Perkemahan Pramuka Luar Biasa (PPLB) di Taman Pramuka, Jalan RE. Martadinata, Bandung, Rabu (21/1). Foto: Arie Nugraha


KBR, Bandung - Ratusan pramuka disabilitas mendirikan perkemahan di Taman Pramuka, Jalan RE. Martadinata, Bandung, Jawa Barat, selama tiga hari berturut-turut dengan tema “Perkemahan Pramuka Luar Biasa (PPLB)”. Mereka berasal dari 48 sekolah berbagai tingkatan di Bandung.

Menurut Ketua Pelaksana PPLB, Suherman, perkemahan itu dilakukan untuk menunjukan kepada warga kota terkait keberadaan praja muda karana dari kelompok disabilitas dengan berbagai kegiatan di luar lingkungan sekolah.

"Ini seperti ketangkasan-ketangkasan yang biasanya anak-anak ini biasanya menyendiri, tidak pede (percaya diri). Dengan adanya kegiatan pramuka ini jelas menambah kepedean. Jadi mau kemana dia berjalan atau istilahnya mencari sesuatu bisa tanpa bantuan orang lain. Sehingga hingga bisa mandiri, itu mungkin suatu kemandirian di dalam kepribadiannya," ujarnya di Taman Pramuka, Jalan RE. Martadinata, Bandung, Rabu (21/1).

Suherman mengatakan perkemahan berlokasi di tengah kota ini baru digelar pertama kalinya. Karena biasanya perkemahan serupa dengan peserta pramuka disabilitas digelar di kawasan Kiara Payung, Jatinangor, Sumedang. Tetapi kata Suherman, lokasi di Sumedang itu dianggap terpencil dan tidak bisa membuat interaksi nyata dengan lingkungan sekitar nanti saat menyelesaikan pendidikan.

Pramuka disabilitas yang mengikuti PPLB diantaranya 300 lebih pelajar putri dan 300 lebih pelajar putra. Sementara seratusan lainnya merupakan pramuka disabilitas senior dan pramuka pembimbing. Selama tiga hari tersebut seluruh pramuka disabilitas dilatih berbagai kegiatan ketangkasan di lapangan, baik secara individu mau pun secara berkelompok.

Editor : Anton Sidharta


Sumber://www.portalkbr.com/nusantara/jawabali/3380248_4262.html

No comments:

Powered by Blogger.